ATT III MANAJEMEN PERAWATAN DAN
PERBAIKAN
1.Jelaskan apa yang di maksud dengan pemelihAraan berencana (Plann ed maintanance )
Jawab :
Pemeliharaan berencana (Plannedmainte nance ) adalah pekerjaan perawatan yang harus direncanakan sejauh mungkin dengan mempertimbang kan keterbatasan pengoprasian ( Pola perdagangan, ketersediaan suku cadang, awak kapal )
2.Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan “pemeliharaan Insidentil”(Breakdown maintenance)
Jawab :
Pemeliharaan Insidental yaitu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan perawatan rutin didasarkan waktu pengoprasian (jam kerja) dari pesawat – pesawat yang di perbaiki.
3. Dalam rangka perawatan kita mengenal dan melaksanakan :
• Tanggung jawab perawatan
• Organisasi
• Program kerja dan pengaturannya
• Pendanaan dan pembukuan.
Jelaskan pengertian masing –masing Komponen tersebut diatas dalam kerangka program perawatan tersebut.
Jawab :
• Tanggung jawab perawatan adalah kewajiban mengenai jangka waktu perawatan yang akan di lakukan secara periodic mengenai hal – hal yang akan dikerjakan.
• Organisasi adalah Struktur atau bagian – bagian dari suatu pembagian tugas dan tanggung jawab penggalangan.
• Program kerja dan pengaturannya yaitu salah satu bentuk kegiatanguna memberikan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan pekerjaan yang akan dilakukan sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan ter arah.
• Pendanaan dan pembukuan adalah salah satu bentuk kegiatan dari struktur ekonomi mengenai perhitungan biaya –biaya sekaligus pencatatan / pelaporan atas biaya yang telah dikeluarkan.
4. Jelaskan penerapan fungsi management “ Pleanning” dalam tugas – tugas dikamar mesin.
Jawab :
Fungsi management pleanning dalam tugas di kamar mesin adalah suatu cara mengkoordinir berbagai kegiatan dan sumber daya di kamar mesin untuk mencapai tujuan yang di tentukan.
5. Bila pekerjaan yang akan dikerjakan di galangan kapal telah diseleksi dengan teliti maka tiba waktunya menulis tender docking dan reparasi pada galangan.
Jelaskan secara singkat apa isi dari tender docking dan reparasi?
Apa yang di maksud tender docking dan reparasi tersebut?
Jawab :
Spesifikasi thender meliputi :
a) General particular
b) General condition.
c) General cervice.
d) Harga standar.
e) Uraian pekerjaan yang akan di kerjakan.
Uraian pekerjaan meliputi :
a) Penawaran / kontak kerja.
b) Membuat jadwal/ pengembangan kerja.
c) Pembelian
d) Pre manufacture.
e) Membuat tagihan / invoice.
Yang di maksud tender doking :
1. Dalam struktur organisasi manaje men armada, fungsi manajemen antara lain di sebutkan peran dan keterlibatan pejabat pejabat structural terkait. Jelaskan organisasi perawatan kapal yang terkait dengan tanggung jawabnya masing – masing.
Jawab :
• Manajer armada :
Bertanggung jawab untuk memelihara agar kapal laik laut, dan kelengkapan awak kapal serta siap berlayar dilaut untuk menerima muatan.®
Merencanakan anggaran belanja untuk pemeliharaan dan perawatan serta harus bekerja sama dengan manajemen kapal, misalnya nakhoda dan kepala – kepala bagian.®
• Nakhoda :
Bertanggung jawab untuk menjamin kelayak lautan kapal, Menjaga muatan dikapal.®
Menjamin bahwa perawatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana dan anggaran belanja.®
3. Sebutkan 3 ( Tiga ) konvensi IMO yang berkaitan dengan oprasi kapal.
Jawab :
a. SOLAS 1974 Amanmend 1978 /1981 dan 1983.
b. Marine Pollution 1973, Protocol 1978.
c. STCW 1978 / 1995 /2002.
4. Melalui perawatan, kita ingin mengendalikan atau mempe rlambat tingkat kemerosotan kapal yang biasanya dilaksanakan beberapa pertimbangan. sebutkan pertimbanan – pertimbangan tersebut.
Jawab :
a. Pemilik kapal berkewajiban atas keselamatan dan kelaik lautan kapal.
b. Mempertahankan nilai modal dengan cara memperpanjang umur ekonomis, serta meningkatkan nilai jual sebagai kapal bekas.
c. Mempertahankan kinerja kapal sebagai sarana angkutan denan meningkatkan kemampuan dan efesiensi kapal.
d. Memperhatikan efesiensi Biaya – biaya oprasi kapal yang harus diperhitungkan.
e. Pengaruh lingkungan di kapal terhadap awak kapal dan kinerjanya.
5. Berkaitan dengan keliklautan sebuah kapal harus dilakukan pemeriksaan (Survey) oleh badan yang berwewenang Sebutkan macam – macam survey yang di wajibkan dan sebutkan badan – badan survey yang diakui dunia.
Jawab :
Jenis–jenis survey yang di wajibkan ;
a. Hull survey dapat dilaksanakan sambil berlayar ( Surveyor on board )
b. Continuous machinery survey. 5 Tahun Oleh KKM disetujui Biro Klasifikasi.
c. Bottom survey .5 Tahun
d. Under water survey. 2 1/2 Tahun
e. Machinery survey. ( Pemantauan kondisi )
f. Running test ( Cukup untuk mensurvey sejumlah komponen )
Badan – badan survey yang diakui dunia ;
a. AmerikanBureauofShipping(ABS) Berpusat di New York(Amerika Serikat )
b. Lloid Register of Shipping ( LRS) Ber pusat di London ( Inggris )
c. Germanischer Lloyd ( GL ) Berpusat di Hamburg ( Jerman )
d. Det Norske Veritas ( DNV ) Berpusat di Oslo ( Norwegia )
e. Bureau Veritas ( BV ) Berpusat di Paris ( Perancis )
f. Registro Italiano Navale ( RI ) Berpusat di Roma ( Italia )
g. Noppon Taikoku Kaiji Kyokai ( NK ) Berpusat di Tokyo ( Jepang )
1. Dengan system administrasi yang baik maka perencanaan pemelih araan suatu instalasi pesawat – pesawat di kapal akan meningkat kan tingkat keselamatan, salah satu system yang di kenal adalah system TSAR jelaskan.
Jawab :
System TSAR Telah dikembangkan oleh THE SHIP RESEARCH INSTITUTE OF NORWAY (Lembaga penelitian perkapalan Norway) bekrja sama dengan indusry perkapalan. Nama TSAR merupakan sing katan dari TIMEREGISTERING SYSTE MATIK VEDLIKE HOLD ARKIVERING & RESERVEDELER. Yang berarti catatan kerja systematik perawatan, kearsipan, dan system suku cadang. System ini telah di perkenalkan pada industry perkapalan sejak tahun 1971, dan sejak itu telah dipergunakan secara luas dalam industry perkapalan dan lepas pantai.
2.a. Apa tujuan utama kegiatan pera watan
Jelaskan.?
1.Jelaskan apa yang di maksud dengan pemelihAraan berencana (Plann ed maintanance )
Jawab :
Pemeliharaan berencana (Plannedmainte nance ) adalah pekerjaan perawatan yang harus direncanakan sejauh mungkin dengan mempertimbang kan keterbatasan pengoprasian ( Pola perdagangan, ketersediaan suku cadang, awak kapal )
2.Jelaskan dengan lengkap apa yang dimaksud dengan “pemeliharaan Insidentil”(Breakdown maintenance)
Jawab :
Pemeliharaan Insidental yaitu pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan perawatan rutin didasarkan waktu pengoprasian (jam kerja) dari pesawat – pesawat yang di perbaiki.
3. Dalam rangka perawatan kita mengenal dan melaksanakan :
• Tanggung jawab perawatan
• Organisasi
• Program kerja dan pengaturannya
• Pendanaan dan pembukuan.
Jelaskan pengertian masing –masing Komponen tersebut diatas dalam kerangka program perawatan tersebut.
Jawab :
• Tanggung jawab perawatan adalah kewajiban mengenai jangka waktu perawatan yang akan di lakukan secara periodic mengenai hal – hal yang akan dikerjakan.
• Organisasi adalah Struktur atau bagian – bagian dari suatu pembagian tugas dan tanggung jawab penggalangan.
• Program kerja dan pengaturannya yaitu salah satu bentuk kegiatanguna memberikan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan pekerjaan yang akan dilakukan sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan ter arah.
• Pendanaan dan pembukuan adalah salah satu bentuk kegiatan dari struktur ekonomi mengenai perhitungan biaya –biaya sekaligus pencatatan / pelaporan atas biaya yang telah dikeluarkan.
4. Jelaskan penerapan fungsi management “ Pleanning” dalam tugas – tugas dikamar mesin.
Jawab :
Fungsi management pleanning dalam tugas di kamar mesin adalah suatu cara mengkoordinir berbagai kegiatan dan sumber daya di kamar mesin untuk mencapai tujuan yang di tentukan.
5. Bila pekerjaan yang akan dikerjakan di galangan kapal telah diseleksi dengan teliti maka tiba waktunya menulis tender docking dan reparasi pada galangan.
Jelaskan secara singkat apa isi dari tender docking dan reparasi?
Apa yang di maksud tender docking dan reparasi tersebut?
Jawab :
Spesifikasi thender meliputi :
a) General particular
b) General condition.
c) General cervice.
d) Harga standar.
e) Uraian pekerjaan yang akan di kerjakan.
Uraian pekerjaan meliputi :
a) Penawaran / kontak kerja.
b) Membuat jadwal/ pengembangan kerja.
c) Pembelian
d) Pre manufacture.
e) Membuat tagihan / invoice.
Yang di maksud tender doking :
1. Dalam struktur organisasi manaje men armada, fungsi manajemen antara lain di sebutkan peran dan keterlibatan pejabat pejabat structural terkait. Jelaskan organisasi perawatan kapal yang terkait dengan tanggung jawabnya masing – masing.
Jawab :
• Manajer armada :
Bertanggung jawab untuk memelihara agar kapal laik laut, dan kelengkapan awak kapal serta siap berlayar dilaut untuk menerima muatan.®
Merencanakan anggaran belanja untuk pemeliharaan dan perawatan serta harus bekerja sama dengan manajemen kapal, misalnya nakhoda dan kepala – kepala bagian.®
• Nakhoda :
Bertanggung jawab untuk menjamin kelayak lautan kapal, Menjaga muatan dikapal.®
Menjamin bahwa perawatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana dan anggaran belanja.®
3. Sebutkan 3 ( Tiga ) konvensi IMO yang berkaitan dengan oprasi kapal.
Jawab :
a. SOLAS 1974 Amanmend 1978 /1981 dan 1983.
b. Marine Pollution 1973, Protocol 1978.
c. STCW 1978 / 1995 /2002.
4. Melalui perawatan, kita ingin mengendalikan atau mempe rlambat tingkat kemerosotan kapal yang biasanya dilaksanakan beberapa pertimbangan. sebutkan pertimbanan – pertimbangan tersebut.
Jawab :
a. Pemilik kapal berkewajiban atas keselamatan dan kelaik lautan kapal.
b. Mempertahankan nilai modal dengan cara memperpanjang umur ekonomis, serta meningkatkan nilai jual sebagai kapal bekas.
c. Mempertahankan kinerja kapal sebagai sarana angkutan denan meningkatkan kemampuan dan efesiensi kapal.
d. Memperhatikan efesiensi Biaya – biaya oprasi kapal yang harus diperhitungkan.
e. Pengaruh lingkungan di kapal terhadap awak kapal dan kinerjanya.
5. Berkaitan dengan keliklautan sebuah kapal harus dilakukan pemeriksaan (Survey) oleh badan yang berwewenang Sebutkan macam – macam survey yang di wajibkan dan sebutkan badan – badan survey yang diakui dunia.
Jawab :
Jenis–jenis survey yang di wajibkan ;
a. Hull survey dapat dilaksanakan sambil berlayar ( Surveyor on board )
b. Continuous machinery survey. 5 Tahun Oleh KKM disetujui Biro Klasifikasi.
c. Bottom survey .5 Tahun
d. Under water survey. 2 1/2 Tahun
e. Machinery survey. ( Pemantauan kondisi )
f. Running test ( Cukup untuk mensurvey sejumlah komponen )
Badan – badan survey yang diakui dunia ;
a. AmerikanBureauofShipping(ABS) Berpusat di New York(Amerika Serikat )
b. Lloid Register of Shipping ( LRS) Ber pusat di London ( Inggris )
c. Germanischer Lloyd ( GL ) Berpusat di Hamburg ( Jerman )
d. Det Norske Veritas ( DNV ) Berpusat di Oslo ( Norwegia )
e. Bureau Veritas ( BV ) Berpusat di Paris ( Perancis )
f. Registro Italiano Navale ( RI ) Berpusat di Roma ( Italia )
g. Noppon Taikoku Kaiji Kyokai ( NK ) Berpusat di Tokyo ( Jepang )
1. Dengan system administrasi yang baik maka perencanaan pemelih araan suatu instalasi pesawat – pesawat di kapal akan meningkat kan tingkat keselamatan, salah satu system yang di kenal adalah system TSAR jelaskan.
Jawab :
System TSAR Telah dikembangkan oleh THE SHIP RESEARCH INSTITUTE OF NORWAY (Lembaga penelitian perkapalan Norway) bekrja sama dengan indusry perkapalan. Nama TSAR merupakan sing katan dari TIMEREGISTERING SYSTE MATIK VEDLIKE HOLD ARKIVERING & RESERVEDELER. Yang berarti catatan kerja systematik perawatan, kearsipan, dan system suku cadang. System ini telah di perkenalkan pada industry perkapalan sejak tahun 1971, dan sejak itu telah dipergunakan secara luas dalam industry perkapalan dan lepas pantai.
2.a. Apa tujuan utama kegiatan pera watan
Jelaskan.?
b.
Apa yang dimaksud dengan manajemen perawatan ?
Jawab :
a. Tujuan utama kegiatan perawatan adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan, pesawat – pesawat sehingga menghasilkan alat pengelola ( Peralatan ) yang lebih baik agar kapal tetap mempunyai tingkat efisiensi dan kehandalan yang tinggi.
b. Manajemen perawatan adalah suatu cara pengaturan perawatan kapal sehingga dapat menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalam meningkatkan keselamatan para awak kapal dan peralatannya.?
Jawab :
a. Tujuan utama kegiatan perawatan adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan, pesawat – pesawat sehingga menghasilkan alat pengelola ( Peralatan ) yang lebih baik agar kapal tetap mempunyai tingkat efisiensi dan kehandalan yang tinggi.
b. Manajemen perawatan adalah suatu cara pengaturan perawatan kapal sehingga dapat menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalam meningkatkan keselamatan para awak kapal dan peralatannya.?
3. Sebuah kapal yang akan menjalani docking
perlu mempersiapkan dan merencanakan tender docking dan reparasi. Jelaskan
secara singkat apa saja isi dari tender docking dan reparasi tersebut.
Jawab :
• General particulars.
• General condition
• Standar price
• General service
• Specification of work
Docking plant
Jawab :
• General particulars.
• General condition
• Standar price
• General service
• Specification of work
Docking plant
4. Apakah yang di maksud perusah aan
pelayaran yang menjalankan transportasi laut.
jawab :
Perusahaan pelayaran yang menjalan kan transportasi laut adalah :
• Badan usaha atau bisnis untuk mendapatkan profit
• Secara ekonomis harus mampu menunjang kebutuhan sendiri
• Bisnis utamanya adalah industri jasa
• Selalu melibatkan sarana angkutan laut
• Usaha yang memiliki tingkat spesialisasi tinggi
• Sangat tergantung pada jenis pengalaman tertentu
• Investasi bernilai tinggi bagi setiap orang yang terlibat
5. Berikan contoh dalam pelaksanaan tugas di kamar mesin pada tiap fungsi manajement perawatan yang anda ketahui.
Jawab :
Contoh dalam pelaksanaan tugas dikamar mesin pada tiap fungsi manajemen diatas.
• Planning ;
Sebelum melakukan suatu kegiatan perawatan terlebih dahulu di buat kerangka rencana kerja ( Working plan ) seperti jika akan mencabut piston mesin induk sebelum kapal tiba di pelabuhan sudah di buat rencana kerjanya.
• Organizing ;
Menyusun / menunjuk siapa saja yang akan mengerjakan ( Team Work ) pekerjaan yang telah di rencanakan di atas.
• Actuating ;
Memberi arahan atau menjelaskan pekerjaan yang akan di kerjakan dan cara pengerjaanya.
• Controlling ;
Mengawasi dan sekaligus memimpin jalannya pekerjaan yang sedang di lakukan untuk menghindari kesalahan dalam pekerjaan.
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ;
a. Perawatan pencegahan.
b. Perawatan koreksi.
c. Perawatan prediksi.
Jawab :
a. perawatan pencegahan adalah kegiatan berulang – ulang agar alat produksi dapat berfungsi dengan efisien dan ekonomis sesuai dengan spesifikasi dan kemampuan awal dengan biaya operasi dan perawatan serendah – rendahnya.
b. Perawatan koreksi adalah studi dari krusakan yang berulang – ulang atas alat produksi untuk menentukan sebab dan upaya agar kerusakan tidak terulang lagi.
c. Perawatan prediksi adalah kegiatan pemantauan alat produksi dengan sensor mikroprosesor yang dapat mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
2. Cara pemesanan suku cadang dari atas kapal ada 2 ( Dua ) macam cara. Sebutkan kedua macam cara tersebut dan jelaskan.
Jawab :
a. Permintaan dikirim keperusahaan dengan prosedur mengisi formulir permintaan / pesanan pembelian, yang dibuat oleh nakhoda / kepala kamar mesin / mualim I. Dalam salinan 4 rangkap yang didistribusikan ke :
• Asli ke pemasok
• Salinan keperusaahan pelayaran
• Salinan dikapal yang disimpan sementara di file “Sedang dipesan” sesudah menerima suku cadang salinan ini dikirim keperusahaan.
• Salinan arsip kapal.
b. Telegram atau telex keperusahaan. Formulir pesanan / pembelian akan diisi oleh perusahaan.Jika suku cadang sudah dipakai dan mencapai titik pesanan sehubungan dengan perbaikan atau perawatan segera disiapkan permintaan pembeliannya Nomor kode dan nomor suku cadang ,sedangkan nomor suku cadang maupun jumlah yang dibutuhkan dituliskan dalam formulir yang ada.
3. Pada saat kapal akan masuk kegalangan ( Docking ) ada pihak – pihak utama yang terlibat dalam pelaksanaanya. Sebutkan pihak – pihak tersebut
Jawab :
Pihak – pihak utama yang terlibat dalam pelaksanaan docking kapal adalah General manajer ( Direktur utama ) dimana membawahi :
• Perusahaan
• Nakhoda
• Pihak galangan
4.Apa tujuan utama dan prinsip dasar dari system perencanaan perawatan.
Jawab :
a. Prinsip dasar system perencanaan per awatan ;
• Kontrol berkala dari peralatan dan mesin mesin untuk mendukung suatu mesin bekerja secara optimal dan memperkecil terjadinya kerusakan / penyusutan.
• Menjaga kondisi mesin / pesawat – pesawat, mengatasi, mereparasi sehingga dapat meminimalkan biaya oprasi.
b. Tujuan utama system perencanaan perawatan adalah untuk menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalam meningkatkan keselamatan awak kapal, peralatan, dan muatannya.
5.Bila kapal anda mengalami kerusa kan dilaut, tindakan apakah yang akan anda lakukan dan dokumen apakah yang harus dilengkapi untuk mengajukan claim kepada perusahaan asuransi untuk memperoleh claim Reinbursement.
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan dan dokumen yang dipersiapkan bila terjadi kerusakan :
1. Note of protes (document tentang spare part yang akan di ganti).
2. Abstract of log book.
3. Invoice galangan yang akan memperbaiki.
4. Survey oleh surveyor.
5. Report dari biro klasifikasi.
6. Invoice dari contractor.
1. Penghematan biaya bahan bakar didapat dari perawatan instalasi meliputi mesin induk, mesin – mesin bantu, dan badan kappa serta pengorganisasian yang baik. Jelaskan apa yang perlu diambil untuk mewujudkan hal tersebut di atas.
Jawab :
Untuk mewujudkan penghematan biaya bahan bakar adalah :
• Menjaga / merawat instalasi mesin yang ada pada kapal sehingga pengoprasian mesin dapat berfungsi dengan efisien dan ekonomis.
• Mengganti peralatan yang tidak berfungsi dengan baik, dan mengikuti system jam kerja ( Running hours ) pada setiap peralatan yang tertera.
• Menjaga pengoprasian mesin bantu yakni sesuai kebutuhan di atas kapal.
• Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak.
• Menjaga permukaan baling– baling agar tetap mulus sehingga pitch propeller tetap normal.
• Kehalusan badan kapal terutama dibawah garis air harus tetap dijaga dan dipertahankan
2. Untuk perawatan lambung kapal dan permesinannya perusahan pelayaran akan mencari / memilih galangan yang tepat. Jelaskan pertimbangan – pertimbangan anda dalam memilih galangan untuk docking.
Jawab :
Pertimbangan – pertimbangan dalam memilih galangan untuk docking :
• Masalah harga ( Cost )
• Lama waktu pengerjaan
• Kwalitas penawaran
• Kondisi pembayaran
• Berapa banyak dari spesifikasi yang dimasukkan dalam penawaran
• Fasilitas apa saja yang di berikan oleh galangan serta konsekwensinya terhadap biaya
• Bagaimanakah konsekwensi waktu sebagai akibat penyediaan fasilitas ter sebut
• Apakah biaya dan waktu yang di tawarkan itu wajar sesuai dengan beban kerja dan kapasitas galangan.
3. Pada perbaikan di atas kapal anda yang seharusnya dilakukan oleh orang darat, pada kenyataannya dilakukan oleh orang kapal. Jelaskan pendapat anda tentang hal tersebut dalam hubungannya dengan biaya yang di keluarkan oleh perusahaan untuk perawatan.
Jawab :
Ditinjau dari segi pembiayaan lebih efisien dan relatif bisah lebih murah karena perusahaan dengan pihak awak kapal dapat mengadakan negosiasi biaya yang tidak terikat dengan aturan yang berlaku,tetapi jika dilakukan dengan oleh orang darat maka biaya dapat mengikuti aturan yang berlaku atau yang sudah ada,jadi pihak perusahaan tidak bisa bernegosiasi yang lebih jauh untuk menekan biaya.
4.Sebutkanlah beberapa pengetahu an dan petunjuk tentang akibat – akibat kesalahan normal dalam hubungannya dengan frekwensi getaran mesin akan merupakan bantuan dalam menentukan asal getaran –getaran tersebut
Jawab :
Petunjuk tentang akibat – akibat kesalahan normal dalam hubungannya dengan frekwensi getaran mesin :
• Ketidak seimbangan putaran.
• Pemasangan coupling yang tidak lurus.
• Poros yang bengkok
• Kesalahan pada rol dan bantalan peluru
• Kesalahan roda gigi / sudu –sudu turbin / daun baling – baling atau kavitasi
Berilah contoh pemantauan kondisi yang biasa di lakukan di atas kapal.?5. Mengapa pemantauan kondisi sangat penting untuk perencanaan pekerjaan perawatan
Jawab :
Pentingnya pemantauan kondisi untuk rencana perawatan :
• Memungkinkan tindakan segerah untuk mencegah kerusakan
• Dapat menunjukkan problem kecil se belum terjadi kerusakan yang lebih besar
• Mengurangi pekerjaan perawatan yang tidak perlu dan keharusan untuk pembongkaran secara periodik.
Contoh pemantauan kondisi :
• Pemantauan kondisi badan kapal jika system proteksi katode gagal maka karosi akan lebih cepat terjadi pada badan kapal sehingga perlu dilakukan pengukuran dan pengamatan secara interval terhadap kerusakan anode atau cat.
• Pemantauan kehausan cylinder liner diukur dengan perubahan tahanan listri kehausan yang dipasang di atas cylinder.
• Pengamatan fungsi piston ring di gunakan sensor induktif dapat dipasang pada bagian bawah liner sensor ini akan mengukur jarak antara permukaan liner dan permukaan ring.
1. Apakah tugas dan tanggung jawab dari :
a. manager armada
b. nakhoda
c. kepala kamar mesin
d. superintendent
e. divisi nautika
f. divisi tehnika
jawab ;
a. manager armada : bertanggung jawab untuk memelihara agar kapal laik laut dan kelengkapan awak kapal
serta siap berlayar dilaut atau menerima muatan, dan menyediakananggaran belanja untuk pemeliharaan
dan perawatan.
b. nakhoda : bertanggung jawab untuk menjamin kelaik lautan kapal, menjaga muatan dikapal dan menjamin
bahwa perawatan yang dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana dan anggaran belanja.
c. kepala kamar mesin : bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional mesin-mesin diatas kapal, juga
terhadap crew mesin departemen, dan bertugas melaporkan semua kegiatan crew mesin di kamar mesin
maupun saat bekerja diatas deck ke perusahaan jika diperlukan.
d. superintendent :
- mengawasi dan mengendalikan maintenance, repair, docking, termasuk pengendalian biayanya.
- memantau masa berlakunya sertifikat, sertifikat class, statutory dan mengatur agar kondisi kapal selalu
Memenuhi persyaratan class dan statutory tersebut.
- melayani surveyor dari class, inspektur pemerintah dan independent surveyor
- bertugas mengatur tender untuk docking dan perencanaa/ penyelenggaraan docking dengan pejabat
Galangan.
e. divisi nautika : bertanggung jawab kepada semua kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bagian deck
department yang dapat diteruskan ke perusahaan.
f. divisi tehnika : bertanggung jawab kepada semua kegiatan-kegiatan dan yang berhubungan dengan bagian
engine departemen terutama pada penggerak utama dan pesawat Bantu yg dapat diteruskan keperusahaan.
1. terangkan tentang prinsip dasar pekerjaan pemeliharaan dan apa tujuan utama dari kegiatan pemeliharaan dan
Penjelasannya gunakan contoh-contoh !
Jawab :
Prinsip dasar pekerjaan pemeliharaan adalah :
- kontrol berkala dari peralatan dan mesin-mesin untuk mendukung suatu mesin bekerja secara optimal danMemper kecil terjadinya kerusakan / penyusutan
- menjaga kondisi mesin / pesawat atau mengatasi atau meraparasi dimana dapat meminimalkan ongkosnya
Tujuan utama kegiatan pemeliharaan adalah ;
Untuk menghasilkan suatu alat pengelola yg lebih baik dalam peningkatan kesela matan awak kapal dan Peralatannya. Dengan kata lain kita mencoba untuk mencegah terjadinya kerusakan, atau untuk menemukan Kerusakan dalam tahap ini berarti bahwa kita harus menelusuri perkembangan yg terjadi
Contoh kegiatan pemeliharaan ;
- secara berkala mencabut exh’ valve mesin induk dan memasang valve lainnya yang telah di lapping
(spare exh’ valve) tujuannya untuk menghindari naiknya temperature gas buang dan kerusakan pada permukaan
seatting dan spindle (sesuai dengan jam kerjanya)
- secara berkala mengangkat / mencabut piston mesin induk untuk mengganti piston ring dan memeriksa
Permukaan piston groove, memeriksa permukaan cyl’ liner, memeriksa scraper ring pada stuffing box,
Memeriksa diameter batang piston, memeriksa pipa-pipa telescop dan komponen lainnya.
Tujuannya untuk mengoptimalkan kerjanya mesin induk tanpa kenaikan temperature gas buang, dan kerusakan
Pada permukaan liner bila ada ring piston yg patah atau banyaknya carbon pada ring piston
- secara berkala memberi grease (gemuk) pada setiap pesawat yg memiliki nipple grease, tujuannya untuk
Menghindari kerusakan pada ball bearing atau bush.
- dan masih banyak lagi lainnya.
4. apakah yang di maksud dengan system kelompok SFI umum ? jelaskan secara singkat
Jawab :
Yang dimaksud dengan system kelompok SFI umum adalah : suatu system penomoran kode kearsifikasi
Dalam membuat anggaran belanja dan perhitungan biaya operasi kapal, serta instruksi-instruksi yang
Diberikan yaitu apa yg harus dilakukan pada waktu perawatan dan perbaikan demikian juga suku cadang
Mana yg akan di pasang / dipersiapkan serta laporan teknik dan ekonomi dapat di beri kode menurut
System yg ada.
5. sebutkan pengertian definisi-definisi berikut ini :
- pemeliharaan normal
- pemeliharaan tidak normal
- pemeliharaan preventif
- pemeliharaan korektif
- pemeliharaan dengan syarat
Jawab :
- pemeliharaan normal adalah :
- pemeliharaan tidak normal adalah :
- pemeliharaan preventif adalah : perawatan yg tidak ditentukan oleh waktu kalender atau waktu operasi
Melainkan menurut pemantauan langsung terhadap kondisi dan perlengkapan.
- pemeliharaan korektif adalah : yang secara sadar membuat suatu pilihan membiarkan adanya kerusakan
Atau mendekati kerusakan tetapi tidak mengambil tindakan atas dasar pertimbangan evaluasi biaya.
- pemeliharaan dengan syarat adalah :
1. sebelumkapal tiba di perairan galangan (Shipyard) untuk melak sanakan perbaikan perlu ditempuh langkah-Langkah persiapan.
Sebut kan persiapan-persiapan yg perlu dilaksanakan baik diatas kapal maupun digalangan sebelum kapal
Tiba di galangan.
Jawab :
* Persiapan-persiapan yg perlu dilaksanakan di atas kapal sebelum tiba di galangan adalah :
- membuat perencanaan kerja / kegiatan yg akan di laksanakan selama kapal di galangan, terutama
Bagian / pesawat yg tidak dapat di kerjakan di laut / pelabuhan.
- membuat rencana pembagian tugas yg akan dilaksanakan oleh para perwira yg bertanggung jawab
Untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut.
- Memeriksa semua suku cadang dan mencocokkannya dengan Inventory List, suku cadang yg tidak
Tersedia (nil) terutama yg untuk mesin / pesawat yg akan dikerjakan selama di galangan sesegera
Mungkin di order dan pada saat kapal tiba di galangan suku cadang tersebut juga tiba di galangan
- memberikan tanda (marking) untuk setiap komponen yang akan di kerjakan di galangan. Terutama
Untuk pipa-pipa dan plat atau gading-gading yg rencananya akan dig anti.
Juga pada keran-keran yg rencananya akan dibuka (dibersihkan / dilapping) juga diberi tanda.
- menyimpan peralatan atau barang berharga pada tempat-tempat yg terkunci.
- mempersiapkan daftar sertifikat yg akan diperpanjang atau di perbaharui.
- peralatan dan perlengkapan khusus yg akan di pakai di galangan harus diperiksa dan di uji.
- membuat rencana cuty bagi ABK yg tidak di butuhkan tenaganya selama kapal di galangan
* persiapan-persiapan yg di laksanakan di galangan sebelum kapal tiba :
- menyusun / menyesuaikan sesuai dengan panjang dan lebar kapal, balok di lantai galangan tempat
Kapal masuk dan duduk di atasnya.
- menenggelamkan floating dock atan mengisi air samapi penuh dan membuka pintunya untuk dry dock
- diadakan rapat di kantor galangan antara wakil perusahaan dan pihak galangan, merupakan
suatu permulaan
Yg baik untuk suatu perencanaan. Dengan cara demikian kesulitan atau keragu-raguan yg berkaitan
Dengan sertifikat dapat diselesaikan. Juga sehingga dapat mengenal satu sama lainnya kemudian
Mendiskusikan rencana untuk memulai dan melaksanakan proyek tersebut.
- juga pertemuan antara wakil perusahaan dan wakil dari biro klasifikasi yang akan memeriksa sertifikat Kapal yg akan di per panjang dan mesin / pesawat yg ber hubungan dengan sertifikat yg bersang kutan
3. bila pekerjaan yg akan dilaksa nakan galangan kapal telah diseleksi dengan teliti, maka tiba waktunya menulis Spesifikasi kepada galang
an agar membuat suatu tender.
Apa yg dimaksud dengan spesifikasi dan hal-hal apa saja yg terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik (bagi Pemilik kapal dan galangan)
Jawab :
* spesifikasi adalah merupakan dasar kontrak perbaikan kapal antara pemilik kapal dengan galangan yg
Meliputi baik waktu maupun harga
* hal-hal yg terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik ;
- bagi pemilik kapal : akan menimbulkan biaya yg lebih tinggi dari perkiraan semula dan waktu akan Lebih lama digalangan
- bagi galangan : akan mengakibatkan pembatalan pekerjaan-pekerjaan lain yg telah disetujui, serta Perubahan jadwal perbaikan
3. dasar manajemen perawatan dan perbaikan bertumpu pada perenca naan, pelaksanaan pencatatan atau pelaporan Dan analisa / kesimpulan.
Jelaskan pendapat saudara meng enai pengertian masing-masing se suai dasar manajemen tersebut !
Jawab :
- manajemen perawatan dan perbaikan bertumpu pada perencanaan adalah melakukan perencanaan /
penjadwalan Untuk setiap pekerjaan yg akan dilaksanakan, apakah dilakukan dalam pelayaran atau di
pelabuhan atas pertimbangan tidak mengganggu kegiatan kapal bongkar muat atau pelayaran kapal serta
mempertimbangkan keselamatan kapal.
- pelaksanaan pencatatan dan pelaporan adalah setiap perencanaan kerja ditulis atau dicatat didalam buku
rencana Kerja (WORKING SCHEDULE BOOK) ditulis jenis pekerjaan, tanggal akan dikerjakan dan
lamanya Pengerjaan, orang yg akan mengerjakannya, dll) kemudian dilaporkan ke perusahaan
- analisa / kesimpulan adalah untuk mempertimbangkan setiap perencanaan kerja terhadap biaya perawatan,
Kesiapan, keselamatan pekerja dan keselamatan kapal
4. dalam upaya mengoptimalkan kerja permesinan dikapal dikenal adanya pola pemeriksaan. Sebutkan ada berapa Macam pola pemeriksa
an menurut aturan biro klasifikasi dan jelaskan seperlunya !
Jawab :
*jenis-jenis pemeriksaan dikapal adalah :
- pemeriksaan awal
- pemeriksaan bulanan
- pemeriksaan tahunan
- pemeriksaan periodic
- pemeriksaan mendadak
* macam-macam pemeriksaan yg biasanya dilakukan dalam rangka pengoptimalan kerja mesin adalah sbb :
- pemeriksaan Main Bearing, Crank Pin Bearing serta permukaan Crank Shaft, dan Cross Head bearing.
- Defleksion Crank Shaft mesin
- pemeriksaan piston, piston rings, piston rod, connecting rod, piston pin, piston pin bearing, stuffing box
Dan scrapper ring yg ada di stuffing box, dan pemeriksaan liner.
- pengambilan diagram indicator atau P Max
- pemeriksaan turbocharger
- Pemeriksaan cylinder head dan aksesorisnya.
* pemeriksaan berjalan yaitu cukup mensurvey sejumlah komponen bila system pemeliharaan telah di
Setujui oleh biro klasofokasi, maka survey umum tahunan dapat dikurangi menjadi ;
- survey umum kamar mesin
- pengujian fungsi-fungsi yg penting (survey EO yg disesuaikan)
- pengecekan procedure laporan dalam system perawatan berencana
2. ahli mesin kapal selaku manajer dituntut untuk mengembangkan keterampilannya.
Jelaskantingkatan-tingkatan pengeta huan / keterampilan yg anda ketahui
Jawab :
Tingkatan pengetahuan / keterampilan yg perlu dimiliki oleh seorang ahli mesin kapaal adalah :
-memenuhi persyaratan untuk mem peroleh sertifikat sebagai ahli mesin kapal yg bertanggung jawab.
- telah menyelesaikan pendidikan dan latihan yg telah disetujui dan memenuhi standar kompetensi yg
Tercamtum dalam section A – III / 3 kode STCW.
- mengetahui pengaruh system komunikasi internal diatas kapal
2. apa persamaan dan perbedaan dari sistim perawatan preventif dan korektif !
Jawab :
* Persamaan sistim perawatan preventif dan korektif adalah :
Tetap sama-sama merawat dan memantau kopndisi mesin sebelum terjadi kerusakan
* perbedaan sistim perawatan preventif dan korektif adalah :
- kalau sistim perawatan preventif yaitu ;
Perawatan yg jarak ditentukan oleh waktu kalender atau waktu operasi, tetapi menurut pemantauan
Langsung terhadap kondisi mesin dan perlengkapannya.
- sedangkan sistim korektif yaitu ;
Untuk menemukan kembali informasi tentang kondisi dan perkembangannya sebelum terjadi kerusakan
1. tuliskan penjelasan tentang pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila ;
a. perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk perawatan kapal-kapalnya (no planning policy)
b. perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk maintenance system kapal-kapalnya
c. perusahaan memakai perencanaan yg berlebihan (excess planning) untuk perawatan kapal-kapalnya.
Jawab :
a. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk
perawatan kapal-kapalnya (no planning policy) adalah ;
- tidak tercapai pengoperasian kapal yg teratur serta peningkatan keselamatan awak kapal dan peralatannya
Akan sangat mempengaruhi system administrasi pada perusahaan tersebut.
- akan menyulitkan para perwira kapal dalam hal merencanakan dan menata kegiatan dengan baik.
- pekerjaan tidak dapat dilaksanakan secara sistematis dan ekonomis
- tidak dapat menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan.
b. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk
maintenance system kapal-kapalnya adalah ;
biaya yg digunakan dapat mengalami kekurangan karena bukan dari biaya anggaran tetap dalam perusahaan
c. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan memakai perencanaan yg berlebihan (excess
planning) untuk perawatan kapal-kapalnya adalah ;
- perusahaan dapat mengalami kerugian yg tidak terduga dari perencanaan yg berlebihan
- pekerjaan kapal tidak akan terlaksana dengan sempurna
2. tuliskan dan jelaskan langkah-langkah upaya apakah untuk meminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal
Sehingga kapal-kapal perusahaan dapat terbebas dari Off hire condition !
Jawab :
Langkah-langkah untuk meminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal untuk terbebas dari off hire
Condition adalah :
- semua pengeluaran yg telah dikeluarkan oleh kapal dalam proses pengedokan harus dilaporkan kepada
Manajer armada dan direktur
- biaya harus dikontrol secara periodic
- sebaiknya menggunakan anggaran likwiditas
Anggaran ini harus mencerminkan waktu yg tepat bila biaya-biaya disetujui dan bukan pada waktu biaya
Dibayarkan
- mendata dengan teliti segala kebutuhan pada saat melakukan perawatan dan perbaikan / pengedokan
Mengeluarkan biaya sesuai dengan persetujuan pimpinan perusahaan
- membuat tanda terima atau laporan pengeluaran sesuai dengan kenyataan yg menyangkut segala pengeluaran
Selama perawatan
3. tuliskan langkah-langkah utama sesuai urutannya yg dilaksanakan dalam rangka pengedokan kapal sesuai
Peraturan yg ada, mulai dari langkah perencanaannya sampai dengan proses trial dan kalibrasi kompas kapal !
Jawab :
Langkah-langkah utama yg dilaksanakan dalam rangka pengedokan kapal adalah :
A. persiapan oleh perusahaan pelayaran
- membuat proposal ke pihakm galangan kapal
- membuat MOU antara pihak perusahaan kapal dan pihak galangan kapal
- catatan tertulis spesifikasi terakhir dalam program perbaikan dan galangan kekapal
- pengawas datang kekapal sebelum docking
- menyiapkan Team work
b. persiapan diatas kapal
- pembagian tugas yg akan dilaksanakan oleh para perwira yg bertanggung jawab untuk melaksanakan
Pekerjaan
- merencanakan kegiatan dikapal selama docking termasuk sistim penjagaan yg perlu
- mempersiapkan daftar sertifikat yg akan diperbaharui
- mempersiapkan / memperhatikan pekerjaan-pekerjaan yg akan dibatalkan
- peralatan dan perlengkapan khusus harus diperhatikan dan diuji
- mengecek suku cadang yg akan dipakai selama docking, dan bila tidak cukup sesegera mungkin di
Order keperusahaan
- gambar-gambar dan instruksi kerja harus tersedia
- memberikan tanda (mark) pada setiap komponen yg akan di kerjakan oleh pihak galangan
- membersihkan dan membebaskan dari gas dan membongkar jika perlu
- menyimpan semua barang berharga dan tools pada ruang yg terkunci
c. kegiatan diatas kapal saat kapal memasuki galangan dan setelah diatas galangan
- disaat air laut didalam galangan mulai dipompa keluar maka mesin-mesin Bantu dikamar mesin termasuk
Mesin kemudi dimatikan lalu generator engine dimatikan
- menyambung aliran listrik dari galangan ke kapal, sebelum di ON maka Electrician atau 2nd engineer
Mencatat angka yg tertera di meteran listrik di galangan.
- memasang / menyambung aliran air pendingin untuk ke mesin provision refrigerator dan air conditioner
- bila di musim dingin maka di sambung aliran steam untuk ke mesin air conditioner
- shore connection untuk line fire fighting di sambungkan ke galangan dan krannya dibuka terus selama
Kapal digalangan untuk mengantipasi adanya kebakaran dikapal.
d. kegiatan diatas kapal saat kapal akan turun dari galangan
- melepaskan semua selang yg tersambung dari galangan ke kapal
- menutup semua kran-kran di kamar mesin
- saat galangan sudah penuh dengan air maka mulailah kran LOW SEACHEST dibuka pelan-pelan
Kemudian semua kran-kran isap dan outlet di pompa-pompa air laut dibuka dan kemudian kran cerat
Udara di filter seachest dibuka dan juga semua pompa-pompa dibuang (dicerat) sampai air laut yang
Keluar.
- kemudian semua pompa-pompa air laut di start, setelah semua jalan maka crew mesin dan pihak
Galangan mulai memeriksa kran-kran dan pipa-pipa yg sudah direpair atau yg dig anti dengan baru.
Memeriksa apakah ada kebocoran di flange pipa, di packing dan gland packing kran, juga pada pipa-pipa
Yang diperbaharui apakah hasil pengelasannya tidak bocor, juga pada pelat lambung yg diperbaharui.
- setelah pemeriksaan selesai dan hasilnya dianggap oke, maka mulailah distart G/E setelah generator
Jalan switch pada electric shore connection di OFF kemudian switch pada main switch board di ON.
Kemudian kabel aliran listrik dari darat dilepas.
Pada saat aliran listrik dari galangan di putus maka Electrician atau 2nd engineer mencatat angka yg
tertera di meteran listrik untuk mengetahui seberapa banyak arus listrik dipakai kapal selama di
Galangan.
4. tuliskan dan jelaskan tentang perawatan kapal yg memakai system perawatan “home doctor” system !
Berikan tanggapan saudara atas system ini !
Jawab :
System perawatan “home doctor” system adalah suatu system perawatan dimana perawatan dan perbaikan
Mesin dan perawatan kapal dilakukan oleh tehnisi dari darat .
System ini sangatlah tidak efisien dan memakan banyak biaya oleh perusahaan pelayaran jika dilakukan pada semua pemeliharaan dan perawatan. Jadi sebaiknya system ini dilaksanakan jika pihak crew kapal sudah tidak mampu melaksanakan perbaikan tersebut.
Atau pekerjaan perbaikan pada peralatan dan permesinan khusus yg diharuskan diperiksa dan diperbaiki oleh tehnisi darat.
jawab :
Perusahaan pelayaran yang menjalan kan transportasi laut adalah :
• Badan usaha atau bisnis untuk mendapatkan profit
• Secara ekonomis harus mampu menunjang kebutuhan sendiri
• Bisnis utamanya adalah industri jasa
• Selalu melibatkan sarana angkutan laut
• Usaha yang memiliki tingkat spesialisasi tinggi
• Sangat tergantung pada jenis pengalaman tertentu
• Investasi bernilai tinggi bagi setiap orang yang terlibat
5. Berikan contoh dalam pelaksanaan tugas di kamar mesin pada tiap fungsi manajement perawatan yang anda ketahui.
Jawab :
Contoh dalam pelaksanaan tugas dikamar mesin pada tiap fungsi manajemen diatas.
• Planning ;
Sebelum melakukan suatu kegiatan perawatan terlebih dahulu di buat kerangka rencana kerja ( Working plan ) seperti jika akan mencabut piston mesin induk sebelum kapal tiba di pelabuhan sudah di buat rencana kerjanya.
• Organizing ;
Menyusun / menunjuk siapa saja yang akan mengerjakan ( Team Work ) pekerjaan yang telah di rencanakan di atas.
• Actuating ;
Memberi arahan atau menjelaskan pekerjaan yang akan di kerjakan dan cara pengerjaanya.
• Controlling ;
Mengawasi dan sekaligus memimpin jalannya pekerjaan yang sedang di lakukan untuk menghindari kesalahan dalam pekerjaan.
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ;
a. Perawatan pencegahan.
b. Perawatan koreksi.
c. Perawatan prediksi.
Jawab :
a. perawatan pencegahan adalah kegiatan berulang – ulang agar alat produksi dapat berfungsi dengan efisien dan ekonomis sesuai dengan spesifikasi dan kemampuan awal dengan biaya operasi dan perawatan serendah – rendahnya.
b. Perawatan koreksi adalah studi dari krusakan yang berulang – ulang atas alat produksi untuk menentukan sebab dan upaya agar kerusakan tidak terulang lagi.
c. Perawatan prediksi adalah kegiatan pemantauan alat produksi dengan sensor mikroprosesor yang dapat mendeteksi gejala kerusakan secara dini.
2. Cara pemesanan suku cadang dari atas kapal ada 2 ( Dua ) macam cara. Sebutkan kedua macam cara tersebut dan jelaskan.
Jawab :
a. Permintaan dikirim keperusahaan dengan prosedur mengisi formulir permintaan / pesanan pembelian, yang dibuat oleh nakhoda / kepala kamar mesin / mualim I. Dalam salinan 4 rangkap yang didistribusikan ke :
• Asli ke pemasok
• Salinan keperusaahan pelayaran
• Salinan dikapal yang disimpan sementara di file “Sedang dipesan” sesudah menerima suku cadang salinan ini dikirim keperusahaan.
• Salinan arsip kapal.
b. Telegram atau telex keperusahaan. Formulir pesanan / pembelian akan diisi oleh perusahaan.Jika suku cadang sudah dipakai dan mencapai titik pesanan sehubungan dengan perbaikan atau perawatan segera disiapkan permintaan pembeliannya Nomor kode dan nomor suku cadang ,sedangkan nomor suku cadang maupun jumlah yang dibutuhkan dituliskan dalam formulir yang ada.
3. Pada saat kapal akan masuk kegalangan ( Docking ) ada pihak – pihak utama yang terlibat dalam pelaksanaanya. Sebutkan pihak – pihak tersebut
Jawab :
Pihak – pihak utama yang terlibat dalam pelaksanaan docking kapal adalah General manajer ( Direktur utama ) dimana membawahi :
• Perusahaan
• Nakhoda
• Pihak galangan
4.Apa tujuan utama dan prinsip dasar dari system perencanaan perawatan.
Jawab :
a. Prinsip dasar system perencanaan per awatan ;
• Kontrol berkala dari peralatan dan mesin mesin untuk mendukung suatu mesin bekerja secara optimal dan memperkecil terjadinya kerusakan / penyusutan.
• Menjaga kondisi mesin / pesawat – pesawat, mengatasi, mereparasi sehingga dapat meminimalkan biaya oprasi.
b. Tujuan utama system perencanaan perawatan adalah untuk menghasilkan suatu alat pengelola yang lebih baik dalam meningkatkan keselamatan awak kapal, peralatan, dan muatannya.
5.Bila kapal anda mengalami kerusa kan dilaut, tindakan apakah yang akan anda lakukan dan dokumen apakah yang harus dilengkapi untuk mengajukan claim kepada perusahaan asuransi untuk memperoleh claim Reinbursement.
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan dan dokumen yang dipersiapkan bila terjadi kerusakan :
1. Note of protes (document tentang spare part yang akan di ganti).
2. Abstract of log book.
3. Invoice galangan yang akan memperbaiki.
4. Survey oleh surveyor.
5. Report dari biro klasifikasi.
6. Invoice dari contractor.
1. Penghematan biaya bahan bakar didapat dari perawatan instalasi meliputi mesin induk, mesin – mesin bantu, dan badan kappa serta pengorganisasian yang baik. Jelaskan apa yang perlu diambil untuk mewujudkan hal tersebut di atas.
Jawab :
Untuk mewujudkan penghematan biaya bahan bakar adalah :
• Menjaga / merawat instalasi mesin yang ada pada kapal sehingga pengoprasian mesin dapat berfungsi dengan efisien dan ekonomis.
• Mengganti peralatan yang tidak berfungsi dengan baik, dan mengikuti system jam kerja ( Running hours ) pada setiap peralatan yang tertera.
• Menjaga pengoprasian mesin bantu yakni sesuai kebutuhan di atas kapal.
• Pemeriksaan secara berkala selalu dilaksanakan terhadap seluruh mesin penggerak.
• Menjaga permukaan baling– baling agar tetap mulus sehingga pitch propeller tetap normal.
• Kehalusan badan kapal terutama dibawah garis air harus tetap dijaga dan dipertahankan
2. Untuk perawatan lambung kapal dan permesinannya perusahan pelayaran akan mencari / memilih galangan yang tepat. Jelaskan pertimbangan – pertimbangan anda dalam memilih galangan untuk docking.
Jawab :
Pertimbangan – pertimbangan dalam memilih galangan untuk docking :
• Masalah harga ( Cost )
• Lama waktu pengerjaan
• Kwalitas penawaran
• Kondisi pembayaran
• Berapa banyak dari spesifikasi yang dimasukkan dalam penawaran
• Fasilitas apa saja yang di berikan oleh galangan serta konsekwensinya terhadap biaya
• Bagaimanakah konsekwensi waktu sebagai akibat penyediaan fasilitas ter sebut
• Apakah biaya dan waktu yang di tawarkan itu wajar sesuai dengan beban kerja dan kapasitas galangan.
3. Pada perbaikan di atas kapal anda yang seharusnya dilakukan oleh orang darat, pada kenyataannya dilakukan oleh orang kapal. Jelaskan pendapat anda tentang hal tersebut dalam hubungannya dengan biaya yang di keluarkan oleh perusahaan untuk perawatan.
Jawab :
Ditinjau dari segi pembiayaan lebih efisien dan relatif bisah lebih murah karena perusahaan dengan pihak awak kapal dapat mengadakan negosiasi biaya yang tidak terikat dengan aturan yang berlaku,tetapi jika dilakukan dengan oleh orang darat maka biaya dapat mengikuti aturan yang berlaku atau yang sudah ada,jadi pihak perusahaan tidak bisa bernegosiasi yang lebih jauh untuk menekan biaya.
4.Sebutkanlah beberapa pengetahu an dan petunjuk tentang akibat – akibat kesalahan normal dalam hubungannya dengan frekwensi getaran mesin akan merupakan bantuan dalam menentukan asal getaran –getaran tersebut
Jawab :
Petunjuk tentang akibat – akibat kesalahan normal dalam hubungannya dengan frekwensi getaran mesin :
• Ketidak seimbangan putaran.
• Pemasangan coupling yang tidak lurus.
• Poros yang bengkok
• Kesalahan pada rol dan bantalan peluru
• Kesalahan roda gigi / sudu –sudu turbin / daun baling – baling atau kavitasi
Berilah contoh pemantauan kondisi yang biasa di lakukan di atas kapal.?5. Mengapa pemantauan kondisi sangat penting untuk perencanaan pekerjaan perawatan
Jawab :
Pentingnya pemantauan kondisi untuk rencana perawatan :
• Memungkinkan tindakan segerah untuk mencegah kerusakan
• Dapat menunjukkan problem kecil se belum terjadi kerusakan yang lebih besar
• Mengurangi pekerjaan perawatan yang tidak perlu dan keharusan untuk pembongkaran secara periodik.
Contoh pemantauan kondisi :
• Pemantauan kondisi badan kapal jika system proteksi katode gagal maka karosi akan lebih cepat terjadi pada badan kapal sehingga perlu dilakukan pengukuran dan pengamatan secara interval terhadap kerusakan anode atau cat.
• Pemantauan kehausan cylinder liner diukur dengan perubahan tahanan listri kehausan yang dipasang di atas cylinder.
• Pengamatan fungsi piston ring di gunakan sensor induktif dapat dipasang pada bagian bawah liner sensor ini akan mengukur jarak antara permukaan liner dan permukaan ring.
1. Apakah tugas dan tanggung jawab dari :
a. manager armada
b. nakhoda
c. kepala kamar mesin
d. superintendent
e. divisi nautika
f. divisi tehnika
jawab ;
a. manager armada : bertanggung jawab untuk memelihara agar kapal laik laut dan kelengkapan awak kapal
serta siap berlayar dilaut atau menerima muatan, dan menyediakananggaran belanja untuk pemeliharaan
dan perawatan.
b. nakhoda : bertanggung jawab untuk menjamin kelaik lautan kapal, menjaga muatan dikapal dan menjamin
bahwa perawatan yang dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana dan anggaran belanja.
c. kepala kamar mesin : bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional mesin-mesin diatas kapal, juga
terhadap crew mesin departemen, dan bertugas melaporkan semua kegiatan crew mesin di kamar mesin
maupun saat bekerja diatas deck ke perusahaan jika diperlukan.
d. superintendent :
- mengawasi dan mengendalikan maintenance, repair, docking, termasuk pengendalian biayanya.
- memantau masa berlakunya sertifikat, sertifikat class, statutory dan mengatur agar kondisi kapal selalu
Memenuhi persyaratan class dan statutory tersebut.
- melayani surveyor dari class, inspektur pemerintah dan independent surveyor
- bertugas mengatur tender untuk docking dan perencanaa/ penyelenggaraan docking dengan pejabat
Galangan.
e. divisi nautika : bertanggung jawab kepada semua kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bagian deck
department yang dapat diteruskan ke perusahaan.
f. divisi tehnika : bertanggung jawab kepada semua kegiatan-kegiatan dan yang berhubungan dengan bagian
engine departemen terutama pada penggerak utama dan pesawat Bantu yg dapat diteruskan keperusahaan.
1. terangkan tentang prinsip dasar pekerjaan pemeliharaan dan apa tujuan utama dari kegiatan pemeliharaan dan
Penjelasannya gunakan contoh-contoh !
Jawab :
Prinsip dasar pekerjaan pemeliharaan adalah :
- kontrol berkala dari peralatan dan mesin-mesin untuk mendukung suatu mesin bekerja secara optimal danMemper kecil terjadinya kerusakan / penyusutan
- menjaga kondisi mesin / pesawat atau mengatasi atau meraparasi dimana dapat meminimalkan ongkosnya
Tujuan utama kegiatan pemeliharaan adalah ;
Untuk menghasilkan suatu alat pengelola yg lebih baik dalam peningkatan kesela matan awak kapal dan Peralatannya. Dengan kata lain kita mencoba untuk mencegah terjadinya kerusakan, atau untuk menemukan Kerusakan dalam tahap ini berarti bahwa kita harus menelusuri perkembangan yg terjadi
Contoh kegiatan pemeliharaan ;
- secara berkala mencabut exh’ valve mesin induk dan memasang valve lainnya yang telah di lapping
(spare exh’ valve) tujuannya untuk menghindari naiknya temperature gas buang dan kerusakan pada permukaan
seatting dan spindle (sesuai dengan jam kerjanya)
- secara berkala mengangkat / mencabut piston mesin induk untuk mengganti piston ring dan memeriksa
Permukaan piston groove, memeriksa permukaan cyl’ liner, memeriksa scraper ring pada stuffing box,
Memeriksa diameter batang piston, memeriksa pipa-pipa telescop dan komponen lainnya.
Tujuannya untuk mengoptimalkan kerjanya mesin induk tanpa kenaikan temperature gas buang, dan kerusakan
Pada permukaan liner bila ada ring piston yg patah atau banyaknya carbon pada ring piston
- secara berkala memberi grease (gemuk) pada setiap pesawat yg memiliki nipple grease, tujuannya untuk
Menghindari kerusakan pada ball bearing atau bush.
- dan masih banyak lagi lainnya.
4. apakah yang di maksud dengan system kelompok SFI umum ? jelaskan secara singkat
Jawab :
Yang dimaksud dengan system kelompok SFI umum adalah : suatu system penomoran kode kearsifikasi
Dalam membuat anggaran belanja dan perhitungan biaya operasi kapal, serta instruksi-instruksi yang
Diberikan yaitu apa yg harus dilakukan pada waktu perawatan dan perbaikan demikian juga suku cadang
Mana yg akan di pasang / dipersiapkan serta laporan teknik dan ekonomi dapat di beri kode menurut
System yg ada.
5. sebutkan pengertian definisi-definisi berikut ini :
- pemeliharaan normal
- pemeliharaan tidak normal
- pemeliharaan preventif
- pemeliharaan korektif
- pemeliharaan dengan syarat
Jawab :
- pemeliharaan normal adalah :
- pemeliharaan tidak normal adalah :
- pemeliharaan preventif adalah : perawatan yg tidak ditentukan oleh waktu kalender atau waktu operasi
Melainkan menurut pemantauan langsung terhadap kondisi dan perlengkapan.
- pemeliharaan korektif adalah : yang secara sadar membuat suatu pilihan membiarkan adanya kerusakan
Atau mendekati kerusakan tetapi tidak mengambil tindakan atas dasar pertimbangan evaluasi biaya.
- pemeliharaan dengan syarat adalah :
1. sebelumkapal tiba di perairan galangan (Shipyard) untuk melak sanakan perbaikan perlu ditempuh langkah-Langkah persiapan.
Sebut kan persiapan-persiapan yg perlu dilaksanakan baik diatas kapal maupun digalangan sebelum kapal
Tiba di galangan.
Jawab :
* Persiapan-persiapan yg perlu dilaksanakan di atas kapal sebelum tiba di galangan adalah :
- membuat perencanaan kerja / kegiatan yg akan di laksanakan selama kapal di galangan, terutama
Bagian / pesawat yg tidak dapat di kerjakan di laut / pelabuhan.
- membuat rencana pembagian tugas yg akan dilaksanakan oleh para perwira yg bertanggung jawab
Untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut.
- Memeriksa semua suku cadang dan mencocokkannya dengan Inventory List, suku cadang yg tidak
Tersedia (nil) terutama yg untuk mesin / pesawat yg akan dikerjakan selama di galangan sesegera
Mungkin di order dan pada saat kapal tiba di galangan suku cadang tersebut juga tiba di galangan
- memberikan tanda (marking) untuk setiap komponen yang akan di kerjakan di galangan. Terutama
Untuk pipa-pipa dan plat atau gading-gading yg rencananya akan dig anti.
Juga pada keran-keran yg rencananya akan dibuka (dibersihkan / dilapping) juga diberi tanda.
- menyimpan peralatan atau barang berharga pada tempat-tempat yg terkunci.
- mempersiapkan daftar sertifikat yg akan diperpanjang atau di perbaharui.
- peralatan dan perlengkapan khusus yg akan di pakai di galangan harus diperiksa dan di uji.
- membuat rencana cuty bagi ABK yg tidak di butuhkan tenaganya selama kapal di galangan
* persiapan-persiapan yg di laksanakan di galangan sebelum kapal tiba :
- menyusun / menyesuaikan sesuai dengan panjang dan lebar kapal, balok di lantai galangan tempat
Kapal masuk dan duduk di atasnya.
- menenggelamkan floating dock atan mengisi air samapi penuh dan membuka pintunya untuk dry dock
- diadakan rapat di kantor galangan antara wakil perusahaan dan pihak galangan, merupakan
suatu permulaan
Yg baik untuk suatu perencanaan. Dengan cara demikian kesulitan atau keragu-raguan yg berkaitan
Dengan sertifikat dapat diselesaikan. Juga sehingga dapat mengenal satu sama lainnya kemudian
Mendiskusikan rencana untuk memulai dan melaksanakan proyek tersebut.
- juga pertemuan antara wakil perusahaan dan wakil dari biro klasifikasi yang akan memeriksa sertifikat Kapal yg akan di per panjang dan mesin / pesawat yg ber hubungan dengan sertifikat yg bersang kutan
3. bila pekerjaan yg akan dilaksa nakan galangan kapal telah diseleksi dengan teliti, maka tiba waktunya menulis Spesifikasi kepada galang
an agar membuat suatu tender.
Apa yg dimaksud dengan spesifikasi dan hal-hal apa saja yg terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik (bagi Pemilik kapal dan galangan)
Jawab :
* spesifikasi adalah merupakan dasar kontrak perbaikan kapal antara pemilik kapal dengan galangan yg
Meliputi baik waktu maupun harga
* hal-hal yg terjadi bila pembuatan spesifikasi tidak baik ;
- bagi pemilik kapal : akan menimbulkan biaya yg lebih tinggi dari perkiraan semula dan waktu akan Lebih lama digalangan
- bagi galangan : akan mengakibatkan pembatalan pekerjaan-pekerjaan lain yg telah disetujui, serta Perubahan jadwal perbaikan
3. dasar manajemen perawatan dan perbaikan bertumpu pada perenca naan, pelaksanaan pencatatan atau pelaporan Dan analisa / kesimpulan.
Jelaskan pendapat saudara meng enai pengertian masing-masing se suai dasar manajemen tersebut !
Jawab :
- manajemen perawatan dan perbaikan bertumpu pada perencanaan adalah melakukan perencanaan /
penjadwalan Untuk setiap pekerjaan yg akan dilaksanakan, apakah dilakukan dalam pelayaran atau di
pelabuhan atas pertimbangan tidak mengganggu kegiatan kapal bongkar muat atau pelayaran kapal serta
mempertimbangkan keselamatan kapal.
- pelaksanaan pencatatan dan pelaporan adalah setiap perencanaan kerja ditulis atau dicatat didalam buku
rencana Kerja (WORKING SCHEDULE BOOK) ditulis jenis pekerjaan, tanggal akan dikerjakan dan
lamanya Pengerjaan, orang yg akan mengerjakannya, dll) kemudian dilaporkan ke perusahaan
- analisa / kesimpulan adalah untuk mempertimbangkan setiap perencanaan kerja terhadap biaya perawatan,
Kesiapan, keselamatan pekerja dan keselamatan kapal
4. dalam upaya mengoptimalkan kerja permesinan dikapal dikenal adanya pola pemeriksaan. Sebutkan ada berapa Macam pola pemeriksa
an menurut aturan biro klasifikasi dan jelaskan seperlunya !
Jawab :
*jenis-jenis pemeriksaan dikapal adalah :
- pemeriksaan awal
- pemeriksaan bulanan
- pemeriksaan tahunan
- pemeriksaan periodic
- pemeriksaan mendadak
* macam-macam pemeriksaan yg biasanya dilakukan dalam rangka pengoptimalan kerja mesin adalah sbb :
- pemeriksaan Main Bearing, Crank Pin Bearing serta permukaan Crank Shaft, dan Cross Head bearing.
- Defleksion Crank Shaft mesin
- pemeriksaan piston, piston rings, piston rod, connecting rod, piston pin, piston pin bearing, stuffing box
Dan scrapper ring yg ada di stuffing box, dan pemeriksaan liner.
- pengambilan diagram indicator atau P Max
- pemeriksaan turbocharger
- Pemeriksaan cylinder head dan aksesorisnya.
* pemeriksaan berjalan yaitu cukup mensurvey sejumlah komponen bila system pemeliharaan telah di
Setujui oleh biro klasofokasi, maka survey umum tahunan dapat dikurangi menjadi ;
- survey umum kamar mesin
- pengujian fungsi-fungsi yg penting (survey EO yg disesuaikan)
- pengecekan procedure laporan dalam system perawatan berencana
2. ahli mesin kapal selaku manajer dituntut untuk mengembangkan keterampilannya.
Jelaskantingkatan-tingkatan pengeta huan / keterampilan yg anda ketahui
Jawab :
Tingkatan pengetahuan / keterampilan yg perlu dimiliki oleh seorang ahli mesin kapaal adalah :
-memenuhi persyaratan untuk mem peroleh sertifikat sebagai ahli mesin kapal yg bertanggung jawab.
- telah menyelesaikan pendidikan dan latihan yg telah disetujui dan memenuhi standar kompetensi yg
Tercamtum dalam section A – III / 3 kode STCW.
- mengetahui pengaruh system komunikasi internal diatas kapal
2. apa persamaan dan perbedaan dari sistim perawatan preventif dan korektif !
Jawab :
* Persamaan sistim perawatan preventif dan korektif adalah :
Tetap sama-sama merawat dan memantau kopndisi mesin sebelum terjadi kerusakan
* perbedaan sistim perawatan preventif dan korektif adalah :
- kalau sistim perawatan preventif yaitu ;
Perawatan yg jarak ditentukan oleh waktu kalender atau waktu operasi, tetapi menurut pemantauan
Langsung terhadap kondisi mesin dan perlengkapannya.
- sedangkan sistim korektif yaitu ;
Untuk menemukan kembali informasi tentang kondisi dan perkembangannya sebelum terjadi kerusakan
1. tuliskan penjelasan tentang pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila ;
a. perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk perawatan kapal-kapalnya (no planning policy)
b. perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk maintenance system kapal-kapalnya
c. perusahaan memakai perencanaan yg berlebihan (excess planning) untuk perawatan kapal-kapalnya.
Jawab :
a. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan tidak melaksanakan perencanaan untuk
perawatan kapal-kapalnya (no planning policy) adalah ;
- tidak tercapai pengoperasian kapal yg teratur serta peningkatan keselamatan awak kapal dan peralatannya
Akan sangat mempengaruhi system administrasi pada perusahaan tersebut.
- akan menyulitkan para perwira kapal dalam hal merencanakan dan menata kegiatan dengan baik.
- pekerjaan tidak dapat dilaksanakan secara sistematis dan ekonomis
- tidak dapat menjamin kesinambungan pekerjaan perawatan.
b. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan memakai biaya dari optimum cost untuk
maintenance system kapal-kapalnya adalah ;
biaya yg digunakan dapat mengalami kekurangan karena bukan dari biaya anggaran tetap dalam perusahaan
c. pengaruh perawatan kapal oleh perusahaan apabila perusahaan memakai perencanaan yg berlebihan (excess
planning) untuk perawatan kapal-kapalnya adalah ;
- perusahaan dapat mengalami kerugian yg tidak terduga dari perencanaan yg berlebihan
- pekerjaan kapal tidak akan terlaksana dengan sempurna
2. tuliskan dan jelaskan langkah-langkah upaya apakah untuk meminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal
Sehingga kapal-kapal perusahaan dapat terbebas dari Off hire condition !
Jawab :
Langkah-langkah untuk meminimumkan biaya perawatan dan perbaikan kapal untuk terbebas dari off hire
Condition adalah :
- semua pengeluaran yg telah dikeluarkan oleh kapal dalam proses pengedokan harus dilaporkan kepada
Manajer armada dan direktur
- biaya harus dikontrol secara periodic
- sebaiknya menggunakan anggaran likwiditas
Anggaran ini harus mencerminkan waktu yg tepat bila biaya-biaya disetujui dan bukan pada waktu biaya
Dibayarkan
- mendata dengan teliti segala kebutuhan pada saat melakukan perawatan dan perbaikan / pengedokan
Mengeluarkan biaya sesuai dengan persetujuan pimpinan perusahaan
- membuat tanda terima atau laporan pengeluaran sesuai dengan kenyataan yg menyangkut segala pengeluaran
Selama perawatan
3. tuliskan langkah-langkah utama sesuai urutannya yg dilaksanakan dalam rangka pengedokan kapal sesuai
Peraturan yg ada, mulai dari langkah perencanaannya sampai dengan proses trial dan kalibrasi kompas kapal !
Jawab :
Langkah-langkah utama yg dilaksanakan dalam rangka pengedokan kapal adalah :
A. persiapan oleh perusahaan pelayaran
- membuat proposal ke pihakm galangan kapal
- membuat MOU antara pihak perusahaan kapal dan pihak galangan kapal
- catatan tertulis spesifikasi terakhir dalam program perbaikan dan galangan kekapal
- pengawas datang kekapal sebelum docking
- menyiapkan Team work
b. persiapan diatas kapal
- pembagian tugas yg akan dilaksanakan oleh para perwira yg bertanggung jawab untuk melaksanakan
Pekerjaan
- merencanakan kegiatan dikapal selama docking termasuk sistim penjagaan yg perlu
- mempersiapkan daftar sertifikat yg akan diperbaharui
- mempersiapkan / memperhatikan pekerjaan-pekerjaan yg akan dibatalkan
- peralatan dan perlengkapan khusus harus diperhatikan dan diuji
- mengecek suku cadang yg akan dipakai selama docking, dan bila tidak cukup sesegera mungkin di
Order keperusahaan
- gambar-gambar dan instruksi kerja harus tersedia
- memberikan tanda (mark) pada setiap komponen yg akan di kerjakan oleh pihak galangan
- membersihkan dan membebaskan dari gas dan membongkar jika perlu
- menyimpan semua barang berharga dan tools pada ruang yg terkunci
c. kegiatan diatas kapal saat kapal memasuki galangan dan setelah diatas galangan
- disaat air laut didalam galangan mulai dipompa keluar maka mesin-mesin Bantu dikamar mesin termasuk
Mesin kemudi dimatikan lalu generator engine dimatikan
- menyambung aliran listrik dari galangan ke kapal, sebelum di ON maka Electrician atau 2nd engineer
Mencatat angka yg tertera di meteran listrik di galangan.
- memasang / menyambung aliran air pendingin untuk ke mesin provision refrigerator dan air conditioner
- bila di musim dingin maka di sambung aliran steam untuk ke mesin air conditioner
- shore connection untuk line fire fighting di sambungkan ke galangan dan krannya dibuka terus selama
Kapal digalangan untuk mengantipasi adanya kebakaran dikapal.
d. kegiatan diatas kapal saat kapal akan turun dari galangan
- melepaskan semua selang yg tersambung dari galangan ke kapal
- menutup semua kran-kran di kamar mesin
- saat galangan sudah penuh dengan air maka mulailah kran LOW SEACHEST dibuka pelan-pelan
Kemudian semua kran-kran isap dan outlet di pompa-pompa air laut dibuka dan kemudian kran cerat
Udara di filter seachest dibuka dan juga semua pompa-pompa dibuang (dicerat) sampai air laut yang
Keluar.
- kemudian semua pompa-pompa air laut di start, setelah semua jalan maka crew mesin dan pihak
Galangan mulai memeriksa kran-kran dan pipa-pipa yg sudah direpair atau yg dig anti dengan baru.
Memeriksa apakah ada kebocoran di flange pipa, di packing dan gland packing kran, juga pada pipa-pipa
Yang diperbaharui apakah hasil pengelasannya tidak bocor, juga pada pelat lambung yg diperbaharui.
- setelah pemeriksaan selesai dan hasilnya dianggap oke, maka mulailah distart G/E setelah generator
Jalan switch pada electric shore connection di OFF kemudian switch pada main switch board di ON.
Kemudian kabel aliran listrik dari darat dilepas.
Pada saat aliran listrik dari galangan di putus maka Electrician atau 2nd engineer mencatat angka yg
tertera di meteran listrik untuk mengetahui seberapa banyak arus listrik dipakai kapal selama di
Galangan.
4. tuliskan dan jelaskan tentang perawatan kapal yg memakai system perawatan “home doctor” system !
Berikan tanggapan saudara atas system ini !
Jawab :
System perawatan “home doctor” system adalah suatu system perawatan dimana perawatan dan perbaikan
Mesin dan perawatan kapal dilakukan oleh tehnisi dari darat .
System ini sangatlah tidak efisien dan memakan banyak biaya oleh perusahaan pelayaran jika dilakukan pada semua pemeliharaan dan perawatan. Jadi sebaiknya system ini dilaksanakan jika pihak crew kapal sudah tidak mampu melaksanakan perbaikan tersebut.
Atau pekerjaan perbaikan pada peralatan dan permesinan khusus yg diharuskan diperiksa dan diperbaiki oleh tehnisi darat.
PERAWATAN
& PERBAIKAN MESIN ATT III
1. Pada saat kapal
sedang berlayar, tiba-tiba mesin induk berhenti dan alarm berbunyi. Pada switch
board terlihah LO M/E Low pressure. Apa yang terjadi dan terangkan tindakan dan
langkah apa saja yang anda lakukan ?
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan adalah
:
- Turunkan handleRPM mesin induk
- Periksa saringan L.O, saringan sebelum L.O
pump dan saringan setelah L.O cooler sebelum masuk ke M/E (fine strainer)
- Periksa (sounding) level L.O sump tank.
- Sebelum memasukkan alat sounding terlebih
dahulu beri water control paste pada bandulannya, gunanya untuk mendeteksi
apakah ada air di dasar sump tank
- Periksa instalasi system dan minyak lumas.
- Periksa pompa-pompa L.O jangan sampai ada
kerusakan atau penyumbatan pada katup-katup.
- Bila terjadi kerusakan langsung mengadakan
perbaikan.
- Penambahan minyak lumas pada L.O tank jika
berkurang.
- Jika semuanya telah selesai lakukan
pengetesan pada instalasi minyak lumas.
2. Jelaskan
langkah-langkah apa saja yang anda lakukan ketika akan melaksanakan overhauled
mulai dari persiapan sehingga pengetesan !
Jawab :
Langkah-langkah yang dilakukan ketika
akan melaksanakan overhould mulai dari persiapan sampai pengetesan adalah ;
1. Lakukan perencanaan kerja yang baik dalam
mengadakan over hould
2. tentukan waktu pelaksanaan dan beri
informasi kepada seluruh pekerja tentang rencana over houl.
3. periksa suku cadang, bila tidak cukup
disorder dan jika sudah dating baru dilaksanakan overhaul
4. mengetahui dengan baik keadaan mesin yang
akan diover houl.
5. persiapkan alat-alat (tools) yang akan
digunakan.
6. lakukan pembengkaran dengan hati-hati sesuai
dengan petunjuk dari manual book.
7. bersihkan semua bagian2 yg dibongkar
8. ganti
bagian-bagian yang rusak atau sudah perlu diganti.
9. setelah semua
selesai pasang kembali bagian-bagian mesinyang telah dibongkar.
10. periksa seluruh bagian api
masih ada yang belum terpasang.
11. pastikan tidak ada benda-benda
atau kunci-kunci yang tertinggal pada bagian-bagian dalam mesin.
12. setelah seluruhnya sudah
selesai adakah pengesahan kondisi secara saksama untuk memastikan keamanan
terjamin.
13. adakan pengetesan mesin sesuai
dengan prosedur dan petunjuk.
3. Ketika kapal
berada dipelabuhan dan melakukan aktivitas bongkar muat, tiba-tiba terlihat
lelehan minyak pada pipa crane. Jelaskan tindakan apa saja yang akan anda
lakukan !
Jawab :
Tindakan yang harus dilakukan pada saat terlihat lelehan minyak
pada pipa crane saat melakukan aktivitas bongkar muat dipelabuhan adalah ;
- Pertama-tama
matikan mesin tersebut setelah mesin terbebas dari beban kerjanya .
- Pastikan
mesin tersebut aman untuk dilakukan pengecekan/prebaikan.
- Periksa
apa penyebab terjadinya lelehan minyak pada pipa crane tersebut.
- Persiapkan
alat/bahan kerja untuk perbaikan.
- Jika
ada kebocoran / kerusakan lakukan perbaikan.
4. Instalasi
mesin pendingin makanan di kapal sangatlah perlu penanganan atau perawatan
rutin agar bahan makanan terjaga keawetannya.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap instalasi
pendingin !
Jawab :
Perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap istalasi mesin
pendingin adalah :
- Ball
bering dari motor kompressor harus dilumasi.
- V-Belt
diperiksa tegangannya
- Evaporator
didepros bila banyak bunga es
- Condensor
harus sering dibersihkan
- Periksa
minyak lumas dalam carter bila kurang ditambahkan.
- Bersihkan
filter di solenoid valve
- Mengganti
silica gell di dryer bila tiba saatnya
- Bila
ada udara didalam system harus dicerat
- Pada
waktu istalasi beroperasi suhu dan tekanan harus diperiksa/diperhatikan
- Nipple-niple
diberi grease
- Kran-kran
penutupnya diberi grease
- Saringan-saringan
klep expansi dan pengatur tekanan agar dijaga kebersihannya
- Menstart
motor jangan selalu pada swict pengontrol
- Memeriksa
instalasi listriknya
- Saat
menjalankan dan menghentikan mesin harus sesuai dengan prosedurnya.
5. Pada
kapal dengan penggerak utama motor diesel, katup gas buang peranannya sangatlah
penting agar kapal dapat berjalan dengan lancar.
Jelaskan perawatan-perawatan yang dilakukan terhadap katup gas
buang.
Jawab :
Perawatan yang dilakukan terhadap katup gas buang adalah :
- Pemeriksaan
kerak karbon, keadaan muka katup dan perubahan warna.
- Periksa
perubahan warna dan bentuk batang katup, kehausan dan kondisi pelumasan.
- Periksa
kelonggaran dan keausan bagi pemegang katup (guide bush)
- Periksa
pegas katup terhadap kemungkinan patah, aus, korosi dan kekuatannya.
- Ukur
diameter batang katup.
- lapping/skir
katup pada dudukannya pada jam kerja yang telah ditentukan.
- Penggantian
katup jika muka katup sudah rusak.
- Secara
berkala adakan penyetelan (pengukuran) dengan memakai feeler (valve
clearance)
Perwira
Kapal
20. Apa
yang mempengaruhi/keuntungan tim kerja yang baik?
- Tercapainya
program kerja yg sudah direncanakan dan memuaskan bahkan banyak pekerjaan yg
sudah dikerjakan
- Sedikit
menghadapi kesulitan dalam melaksanakan pekerjaan
- Hasil
pekerjaan memuaskan/berkwalitas
- Terjalin
suasana kerja sama sehingga terbentuk kepedulian secara menyeluruh.
21. Kebocoran
pada katup buang/katup masuk yg terdapat pada motor diesel 4 tak kemungkinan
dapat terjadi. Bagaimana saudara dapat mengetahuinya dan langkah apa saja yg
saudara lakukan untuk memperbaikinya?
- Kebocoran
katup menyebabkan hilangnya kompresi dalam silinder dan tenaga motor berkurang
- Dapat
menyebabkan percikan api pada cerobong disebabkan bahan bakar dari slinder yg
tidak terbakar melalui katup buang cerobong
- Bahan
bakar boros akibat tenaga motor berkurang.
Perbaikannya:
- Katup
disetel kembali sesuai dengan clearancenya. Sebab bila celah katup rapat dapat
menyebabkan bocornya katup.
- Katup
diskur bila terdapat kerusakan pada sisi klep/pendudukan klep
- Buka
silindernya, siram kedua katup dengan solar/bensin yg meresap itu bocor lalu
adakan penggantian.
22. Jelaskan
penerapan fungsi managemen “planning” dalam tugas dikamar mesin?
- Menjamin
pelaksanaan perawatan sesuai dengan perencanaan
- Terlaksananya
pengawasan yg ketat terhadap pengendalian dan pelaksanaan perawatan dan perbaikan
- Perawatan
dilakukan sesuai dengan standard yg ditetapkan
23. Dengan
system administrasi yg baik maka perencanaan pemeliharaan suatu instalasi
pesawat” dikapal akan meningkatkan tingkat keselamatan. Salah satu system yg
dikenal adalah system TSAR. Jelaskan?
TSAR
adalah perencanaan perawatan yg telah disesuaikan dengan waktu/jadwal pelayaran
dengan mempertimbangkan suku cadang yg tersedia.
24. Penghematan
biaya bahan bakar didapat dari perawatan instalasi meliputi mesin induk,
mesin-mesin bantu dan badan kapal serta pengorganisasian yg baik. Jelaskan apa
yg perlu diambil untuk mewujudkan hal tersebut?
- Melaksanakan
perawatan sesuai dengan jadwal dan mengadakan pengawasan dengan ketat.
- Mengambil
tindakan yg tetap bila terdapat gangguan teknis
- Memberikan
pelayanan kesehatan dan penghasilan ABK dengan baik
- Melaksanakan
koordinasi kerja dan pengarahan kepada ABK.
25. Dalam
rangka perawatan kita mengenal dan melaksanakan:
Tanggung
Jawab Perawatan:
- Fungsi
dan tanggung jawab perawatan
- Attitude/sikap
dari top managemen
- Hubungan
dengan produksi, penelitian, pengembangan
- Konstruksi
dan alterasi
Organisasi:
- Struktur
organisasi
- Fungsi
pengawas, tanggung jawab, dan kewajiban
- Keketatan
pengawasan
- Sentralisasi
vs Desentralisasi
- Pengawasan
tunggal dan pengawasan ganda
Program
kerja dan pengaturan:
- Prosedur
pelaksanaan kerja
- Perencanaan
dan penjadwalan
- Material
yg diperlukan
- Pelaksanaan
perawatan pencegahan
- Pengaturan
dan standar
Pendanaan
dan pembukuan:
- System
pembiayaan
- Budget
yg direncanakan (diperlukan)
26. Pada
saat kapal akan memasuki galangan, ada pihak-pihak utama yg terlibat dalam
pelaksanaannya. Sebutkan pihak-pihak tersebut?
- Manajer
Armada
- Nakhoda
Kapal
- Perusahaan
Galangan
- Kontraktor
Pelaksana
27. Bila
pekerjaan yg akan dilaksanakan galangan kapal telah diseleksi dengan teliti,
maka tiba waktunya menulis spesifikasi kepada galangan agar dapat membuat
tender. Apa yg dimaksud dengan spesifikasi dan hal” apa saja yg terjadi bila
pembuatan spesifikasi tidak baik (bagi pemilik kapal dan galangan)?
Spesifikasi
adalah data-data teknis dari mesin utama dan mesin bantu dan penerima lainnya
yg akan diperbaiki diajukan dalam tender. Bila spesifikasi tidak baik maka ada
beberapa kemungkinan:
- Data
spesifikasi ditinjau ulang/diperbaiki oleh pemilik kapal
- Bila
data spesifikasi tidak diperbaiki maka pihak galangan akan membutuhkan tender.
28. Pada
instalasi MPU yg menggunakan turbin uap, maka sangat diutamakan sekali
perawatan terhadap air ketel. Sebutkan jenis pengujian pada air ketel dan air
kondensatnya?
- Pengujian
pada air ketel dan air kondensatnya
- Pengujian
terhadap kekerasan air baik kekerasan sementara maupun kekerasan tetap
- Pengujiam
Ph air untuk mengetahui keasaman air
- Pengujian
terhadap kadar garam dalam air yg dapat menimbulkan pembuihan dan mengurangi
protoksi uap.
29. Pada
saat pelaksanaan General Overhoul baik motor induk maupun motor bantu selalu
diambil data-data/record hasil pengukuran. Coba jelaskan data/record apa saja
yg dihasilkan dari G.O tersebut?
- Ukuran
diameter silinder dan gap celah ring piston dan piston
- Ukuran
main bearing dan pin (vertical dan clearancenya)
- Connecting
road (vertical diameter & clearance)
- Ukuran
cylinder head (keratan permukaan dan kondisinya, dudukan valve inlet dan
outlet, air starting valve dan relief valve)
- Fulel
injection pump dan injector (volume injection dan pressure injector)
- Cam
shaft dan crank shaft
- Governor
(spring & ball bearing)
- Air
distributor Condition
30. Kapan
dilakukan General Overhoul terhadap mesin induk?
- Bila
jam kerja mesin mencapai 16.000-24.000 jam
- Bila
mesin mengalami kebocoran minyak pelumas pada 0 shell/0 ring yg rusak
- Bila
terjadi kerusakan pada poros engkol
- Adanya
kerusakan pada metal duduk (bantalan) karena mempengaruhi kelurusan poros
engkol. Bila berputar akan mengalami getaran
- Bila
mesin mengalami getaran yg kuat yg memerlukan pengukuran dibeberapa komponen.
31. Jelaskan
kenapa terjadi detonasi (Knocking) pada mesin induk?
- Mesin
terlalu panas
- Timing
pembakaran yang tidak tepat akibat adanya kerak pada dinding silinder
Akibat
detonasi:
- Daya
motor berkurang
- Terjadi
kerusakan pada silinder
- Terjadinya
putaran balik yang dapat mengakibatkan putusnya poros engkol.
32. Bagaimana
cara mengetahui kebocoran gas Freon pada system pendingin?
Dengan
memeriksa instalasi dengan memakai busa sabun, atau dengan nyala api. Bila
terdapat kebocoran busa akan berbuih atau warna api akan biru.
33. Bagaimana
pengaturan tugas jaga kamar mesin?
00.00-04.00
; Masinis III
04.00-08.00
; Masinis IV, dst
PERAWATAN
1. Apa
yg dimaksud dengan perawatan dan sebutkan jenis” perawatan?
Perawatan
adalah suatu kegiatan agar seluruh permesinan yang ada dikapal berikut
peralatan-peralatannya berfungsi secara optimal melalui preventif maintenance,
corrective maintenance, predictive maintance.
Jenis-jenis
perawatan:
- Preventive
maintenance
Suatu
tindakan perawatan yg dilakukan secara terus-menerus sesuai dengan jadwal
perawatan.
- Corrective
maintenance
Suatu
tindakan perawatan yg dilakukan dengan bantuan alat” canggih agar dapat
mendeteksi kemungkinan akan terjadi kerusakan sehingga dapat dilaksanakan
perawatan sedini mungkin
- Predictive
maintenance
Suatu
tindakan perawatan dengan memprediksi kerusakan yg terjadi dan segera
memperbaikinya.
2. Sebutkan
tujuan perawatan terencana?
- Mengoptimumkan
daya dan hasil guna material sesuai fungsi dan manfaatnya.
- Mencegah
terjadinya kerusakan berat secara mendadak, serta mencegah menurunya efisiensi
- Mengurangi
kerusakan mendadak atau pengangguran waktu
- Mengurangi
jumlah perbaikan & waktu perbaikan ketika kapal melaksanakan dok tahunan
- Menammbah
pengetahuan awak kapal dan mendidik untuk memiliki rasa tanggung-jawab serta
disiplin kerja.
3. Keuntungan-keuntungan
perawatan terencana?
- Memperpanjang
waktu kerja unit pesawat/mesin dan mempertahankan nilai penyusutan pada kapal
- Kondisi
material pada pesawat/mesin dapat dipantau setiap saat hanya dengan melihat
pelaporan administrasi perawatan
- Dengan
adanya sukucadang yg cukup, perawatan akan tepat waktu
- Operasi
kapal lancer dengan memberikan rasa aman dan tenang
- Biaya
perawatan dapat diperhitungkan sesuai anggaran perawatan
4. Jelaskan
Siklus perawatan (prinsip dasar pekerjaan perawatan)?
PERENCANAan ANALISA PELAKSAAn PELAPORAN
1. Perencanaan: pekerjaan
perawatan harus direncanakan sejauh mungkin dengan mempertimbangkan
keterbatasan pengoperasian
2. Pelaksanaan: pelaksanaan
pekerjaan sesuai perawatan rutin
3. Pelaporan: semua
pekerjaan yg sudah diselesaikan harus dicatat dan dilaporkan
4. Analisa: melakukan
analisa pada hasil pekerjaan dalam upaya meningkatkan perencanaan di masa yg
akan datang.
5. Saudara
mengenal “PERAWATAN YANG TERENCANA” diatas kapal, apa hubungannya dengan “ISM
CODE”? jelaskan pendapat saudara?
Sebelum
dikeluarkan ISM Code, tidak ada keselarasan dalam perawatan diatas kapal antara
pihak kapal, perusahaan, pelabuhan. Maka setelah dikeluarkannya ISM Code
perawatan terlaksana karena adanya aturan manajemen perawatan kapal dan
perlindungan lingkungan laut.
6. Sebutkan
konvensi IMO yg berkaitan dengan pengoperasian kapal. Uraikan bagaimana
hubungannya dengan perawatan, jelaskan pendapat anda secara terperinci?
- Seluruh
ABK harus memenuhi ketentuan yg sudah ditetapkan oleh IMO seperti memiliki
sertifikat yg ditetapkan dan berkwalitas
- Peralatan
pada kapal lengkap sesuai dengan standar yg ditentukan dan dilaksanakan secara
preventif dan professional dan memenuhi standar IMO
- Berkemampuan
bahasa inggris yg baik
- berdisiplin
7. Apa
hubungan perawatan dengan IMO dan SOLAS?
- Perawsatan
dan perbaikan mesin dengan tujuan kapal selalu dalam kondisi layak laut
- Pemeriksaan
berkala/survey yg dilakukan oleh biro klasifikasi internasional/Indonesia
- Kapal
memiliki sertifikat” sebagai bukti bahwa kapal tersebut, Nakhoda, dan seluruh
ABK telah benar” melaksanakan peraturan” pemerintah & ketentuan” dari IMO
- Peralatan
pada kapal lengkap sesuai dengan standar yg ditentukan dan dilaksanakan secara
preventif dan professional yg memenuhi standar IMO.
8. Jelaskan
dengan lengkap apa yg dimaksud dengan “pemeliharaan insidentil (breakdown
maintenance)”. Berikan contohnya!
- Perawatan
insidentil adalah perawatan yg tidak memiliki rencana perawatan. Perawatan
dilakukan apabila terjadi kerusakan secara mendadak.
- Contoh:
dalam pelayaran, mesin induk running dan tiba-tiba terjadi “knocking” dan mesin
terlalu panas yg akan menyebabkan kerusakan pada dinding silinder.
9. Alas
an-alasan terjadinya perawatan insidentil?
- Kronologi
perawatan tidak dicatat secara sistematis sehingga perawatan tidak
berkesinambungan
- Tidak
mengacu standar perawatan dan perbaikan (PMS) sesuai manual instruction book
- Tidak
adanya kepedulian para pengawas terhadap ketidak-teraturan pelaksanaan
perawatan
- Tidak
adanya bukti-bukti terjadinya kerusakan”, kekurangan sebelumnya, kapal
menganggur, kerugian” lainnya
- Tidak
tersedianya suku cadang yg cukup untuk setiap pesawat/mesin yg menghambat waktu
operasi kapal
- Banyak
data-data yg dilaporkan dari kapal ke darat namun sedikit yg diproses
- Nakhoda
dan ABK tidak berkwalitas dan professional dibidangnya.
10. Jelaskan
yang dimaksud dengan perawatan pencegahan?
Perawatan
yg dilakukan sedini mungkin terhadap setiap pesawat/mesin diatas kapal sehingga
setiap tanda” yg akan menimbulkan kerusakan dapat lebih awal diatasi,
diperbaiki.
11. Jelaskan
pengertian pencegahan lebih baik daripada perbaikan dan berikan 1 contoh
kejadian kerusakan yg pernah anda alami dan mengganggu operasi kapal (delay)?
- Sebelum
kapal mengalami kerusakan, sebaiknya dilakukan perawatan sedini mungkin
- Contoh:
setelah diadakan pengambilan P-V diagram secara periodic, didapati tekanan yg
kurang pada tiap silinder. Diperiksa dan dilihat adanya kelonggaran pada ring
piston, maka diadakan perbaikan/penggantian.
12. Sebutkan
tujuan dari perawatan pencegahan?
- Memantau
perkembangan yg terjadi pada hasil pekerjaan perawatan secara terus-menerus
sampai batas nilai” yg diijinkan
- Menemukan
kerusakan pada tahap yg lebih dini, sehingga masih ada kesempatan untuk merencanakan
pelaksanaan waktu perawatan
- Mencegah
terjadinya kerusakan/bertambahnya kerusakan yg dapat mengakibatkan terhentinya
operasi kapal
- Suatu
tugas yg perlu dilakukan agar kita dapat menelusuri jalannya kerusakan terhadap
nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal
13. Perawatan
dan perbaikan bertujuan untuk:
- Memperbaiki
setiap kerusakan yg terpantau
- Mencegah
terjadinya kerusakan/bertambahnya kerusakan
- Mempertahankan
kondisi pesawat/mesin terhadap nilai keselamatan dan nilai ekonomis kapal
14. Perawatan
periodic adalah perawatan yg dilakukan secara periodic berdasarkan
waktu kalender atau jam kerja dengan mengacu kepada manual instruction book
yaitu perawatan secara harian, mingguan, bulanan, tiga bulanan, tahunan, lima
tahunan.
15. Hal-hal
apa saja yg dilakukan pada pemeriksaan mingguan dikapal berkaitan dengan
keselamatan, kesehatan, dan lindungan lingkungan?
- Pemeriksaan
terhadap kebersihan seluruh kapal.
- Pemeriksaan
ventilasi, bahan makanan dan air minum.
- Pemeriksaan
limbah yg menyebabkan terganggunya kesehatan seperti cairan pada got lainnya.
- Pemeriksaan
terhadap peralatan kerjs, ruang kerja, dan kamar mesin/ruang bengkel harus
senantiasa bersih.
16. Pemantauan
Kondisi adalah system perawatan yg diterapkan dimana kondisi kapal
diperkirakan memiliki tingkat kerusakan yg meningkat cepat, maka penentuan
interval perawatan dibuat sendiri.
Tujuan:
- Untuk
mengawasi penurunan kemampuan dari penggunaan komponen atau system
- Untuk
mengawasi parameter kritis dari komponen atau system yg ditujukan terhadap
perubahan yg tiba” sehingga operasi mesin tidak dapat dilanjutkan
- Untuk
memantau kemampuan suatu komponen/system dengan kondisi” yg dapat mengatur
parameter operasional dalam meningkatkan keadaan ekonomis.
17. Apakah
keuntungan menggunakan computer dalam penataan suku cadang/perawatan diatas
kapal?
- Penyimpanan
dan akses ke informasi mudah dikerjakan
- Analisa
kinerja fungsi & pengontrolan kondisi dapat dikerjakan secara luas
- Program
perawatan yg terbaru dan pencetakan permintaan dapat dilakukan secara cepat dan
otomatis
- Dapat
dikembangkan sampai meliputi pengontrolan perawatan suku cadang, anggaran.
TEKNIK
PERBAIKAN DAN PERAWATAN KAPAL
1. Tuliskan
pengaruh perbaikan & perawatan kapal terhadap industri pelayaran dan
industri perkapalan?
- Mempengaruhi
volume kerja perusahaan pelayaran
- Mempengaruhi
laik laut kapal
- Menentukan
kualitas kapal/umur/stabilitas
- Menentukan
SDM perusahaan pelayaran
- Menentukan
pemasukan pendapatan perusahaan pelayaran
- Menentukan
kapal-kapal sesuai permintaan pasar
- Menentukan
kepercayaan pemilik muatan, agen, operator, importir
- Menentukan
kepercayaan dunia pelayaran
- Menentukan
kwalitas SDM yg memperbaiki
2. Tuliskan
kelemahan-kelemahan perbaikan & perawatan kapal, dan jelaskan cara
penanggulangannya?
- Kadang
ABK kurang mampu sehubungan dengan SDM
- Kesiapan
Suku Cadang Kadang Tidak Ada Dikapal, Dapat Mengganggu Operasi Kapal
- Bila
terjadi kesalahan, tidak ada jaminan ganti rugi
Penanggulangan:
- Meningkatkan
SDM ABK dengan pelatihan-pelatihan
- Pemakaian
suku cadang harus dicatat sehingga dapat diketahui sisa yg ada dikapal dapat
dijadikan dasar untuk membuat rencana kerja
- Untuk
mencegah terjadinya kesalahan maka sebaiknya menggunakan kontraktor sehingga
adanya garansi.
3. Uraikan
hubungan antara Biro Klasifikasi dengan pemilik kapal dan asuransi dan berikan
contohnya?
- Biro
klasifikasi melakukan hal tersebut sesuai aturan konstruksi kapal demi keselamatan
jiwa kapal dan muatannya.
- Mencocokkan
kesepakatan antara pemilik kapal dan kontraktor seperti ukuran” dalam Kg dan
Cm.
- Klas
kapal diatur sesuai dengan daerah pelayaran misal daerah es dan tropik
- Kontrak
sebagai pedoman dalam pembangunan kapal maupun perbaikan kapal harus sesuai
untuk konstruksi kapal
- Setelah
meneliti alat” yg dibongkar perlu alat tersebut diganti/tidak
- Apabila
ada kerusakan dan perbaikan, umumnya owner mengklaim asuransi, maka pihak
asuransi meminta biro klasifikasi untuk meneliti dan menilai.
- Pihak
galangan mempunyai unit price untuk dapat digunakan biro klasifikasi menilai
pembangunan/perbaikan.
4. Jelaskan
cara pengelolaan suku cadang dalam perbaikan dan perawatan kapal?
Sistem
ini harus memuat penjelasan tentang:
- Buku-buku
daftar suku cadang
- Penanganan
suku cadang
- Nomor
suku cadang dalam stock
- Tempat
suku cadang
- Stock
minimum dan maximum
- Waktu
pengambilan dan lokasi penggunaan
- Waktu
penerimaan (asli/rekondisi)
- Catatan
pesanan data/pesanan sesuai kebutuhan kapal.
5. Jelaskan
tugas biro klasifikasi hubungannya dalam pembangunan kapal baru?
a. Sebagai
surveyor
Kontrak,
keel laying, launching, maiden voyage
b. Sebagai
garansi engineer
c. Sebagai
penghubung antara owner dan pihak galangan
6. Jelaskan
istilah tersebut:
a. Deep
Load Lines
Tali
berukuran 1/b atau ½ inci dengan benang 9/18 terbuat dari rami putih, dipakai
tali perum laut dalam. Panjang 120-150 fathom dengan berat 28-30 pound
b. Zink
Anode
Salah
satu logam yang dipakai untuk cathodic protection, dipasang pada sepanjang
kapal di bottom area dengan jarak ±5m dari Zn yg satu dengan yg lain
c. Propeller
Shaft Clearance
Jarak
speling antara poros baling-baling dengan tabung poros baling” yg dinyatakan
dalam ukuran millimeter.
7. Syarat
untuk mencapai kompresi yang baik:
- Tidak
ada kebocoran pada packing kepala silinder
- Dinding
silinder tidak bergaris
- Kdua
katup tidak bocor
- Ring
piston harus baik
- Tidak
ada kelonggaran pada connecting road bearing
8. Ada
berapa jenis cara pelumasan pada poros baling-baling?
- Pelumasan
Gravitasi: selama poros baling” berputar maka minyak pelumas akan terus-menerus
menetes melumasi bantalan
- Pelumasan
tekan: selama poros baling” berputar maka minyak pelumas akan melumasi bantalan
dan tiap bantalan dihubungkan pada tampungan pelumas lalu ke settling tank.
9. Sebutkan
jenis-jenis dock?
Dock
apung, Dock gali, Railway dock, Dock pantai, Dock tunda, Balon dock
10. Uraikan
persyaratan dari perbaikan dan perawatan kapal?
- Tentukan
jenis kerusakan, tubrujan, kandas, kebakaran, kebocoran
- Tentukan
organisasi dan unit SDM yg akan melaksanakan perbaikan
- Tentukan
volume pekerjaan perbaikan
- ABK
dalam pelaksanaan dijelaskan tugas & kewajiban dlm perbaikan
- Inventaris
suku cadang yg dibutuhkan dalam perbaikan
- Tentukan
fungsi pusat atau owner surveyor dlm tugas pelaksanaan perbaikan
- Waktu
yg dibutuhkan dlm pelaksanaan perbaikan dapat dibuat dalam net working plane
- Berapa
item yg dpt dilaksanakan diatas kapal dan berapa item di workshop
- Dalam
pelaksanaan diusahakan pengawasan oleh biro klasifikasi
11. Uraikan
pedoman pengecatan diatas kapal?
- Sebelum
merawat pengecatan diatas kapal, perawatan dapat direncanakan sesuai dengan
lokasi pengecatan, cuaca terutama dalam pelayaran, persediaan cat diatas kapal,
peralatan cat yg ada diatas kapal, waktu yg dibutuhkan untuk volume pengecatan.
- Korosi
terhadap besi bagian luar, perlu dilakukan pengecatan setelah permukaan besi
sudah bersih dari karat.
Isi
dari sebuah label cat:
Nama
cat, warna cat, berat cat, pabrik pembuat cat, komposisi cat, penggunaannya.
12. Uraikan
cara membuang sisik besi dan jelaskan alas an membuang sisik besi tersebut?
a. Weathering
yaitu meletakkan pelat baja diudara terbuka sehingga akibat oksidasi maka sisik
besi dapat terlepas
b. Pichering
yaitu memasukkan pelat baja baru kedalam bejana yg berisi asam sulfat karena
reaksi kimiawi sisik besi akan terlepas
c. Blasting
yaitu adanya penyemprotan zat silikan, air kepermukaan plat baja baru maka
dapat melepaskan sisik besi
d. Flanning
yaitu penyemprotan nyala api (acetylin) kepermukaan plat baja maka sisik besi
terlepas.
Alas
an membuang sisik besi adalah untuk mempertahankan plat besi agar lebih tahan
lama.
13. Gambarkan
dengan jelas system perawatan dan pelayanan Bahan Bakar berat untuk motor
diesel?
D.O
= Diesel Oil
H.F.O=
Heavy Fuel Oil
M.F.O=
Marine Fuel Oil
SILAHKAN DOWNLOAD FILENYA DI BAWAH INI


0 komentar:
Posting Komentar